Minggu, 16 Oktober 2011

TARI REBANA

Tari Rebana

Tari Rebana asal Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, rencananya dipentaskan ke sejumlah negara Eropa dalam rangka acara "Kunjungan Budaya Indonesia" pada pertengahan April hingga Mei 2010.

"Tari Rebana akan dibawakan oleh tiga penari, yaitu Eny Meiarsih, Riannah, dan Widianingsih. Namun untuk memantapkan pentas tari tersebut, saat ini kami terus meningkatkan latihan," kata Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Pekalongan, Kelik Suwarno di Pekalongan, Rabu.
Menurut dia, sejumlah negara Eropa yang akan disinggahi dalam acara "Kunjungan Budaya Indonesia" ini, antara lain Prancis, Inggris, dan Italia.
Selain akan mementaskan tari Rebana, katanya, DKD juga akan menampilkan tarian Soyong, Srikandi Mustawanweni, Mapangir, Merak, Roro Ngigel, dan Topeng Gong.
"Terpilihnya Kabupaten Pekalongan dalam acara Kunjungan Budaya Indonesia patut kita banggakan karena tari Rebana bisa ’go internasional’," ucapnya.
Ia mengemukakan, tampilnya tari Rebana ini juga untuk meningkatkan daya kreasi seni kolaborasi dengan berbagai jenis seni tari dari berbagai daerah di Indonesia. "Seni tari Rebana ini mudah untuk dikolaborasikan dengan keanekaragaman tarian di Indonesia," paparnya.
Bupati Pekalongan, Siti Qomariyah menyatakan, bangga jika tari Rebana asal Kabupaten Pekalongan bisa mewarnai seni nasional dan internasional.
"Kita berupaya menggali seluruh potensi seni budaya lokal ke tingkat nasional dan internasional, sehingga bisa memotivasi dan menambah pengalaman para pekerja seni," ujarnya menambahkan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes