Sabtu, 24 Desember 2011

CARA MEMASANG META TAG DI BLOG

Mungkin masih banyak yang belum mengerti fungsi dan kegunaan dari meta tags pada web dan blog. Padahal ini sangat penting sekali dalam optimasi web/blog ke search engine (mesin pencari). Meta tags merupakan cara menyampaikan infomasi yang akurat ke search engine (Mesin Pencari) mengenai informasi
suatu halaman pada web/blog sehingga mesin pencari dapat dengan mudah menemukan web/blog anda. Ada banyak variasi meta tag sesuai dengan standar HTML 4.0 dari World Wide Web Consortion (W3C), tapi sebenarnya yang  dipakai oleh search engine hanya 3 hal terpenting yaitu description, keyword, dan robots.

Meta Tag Description
Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web/blog Anda. Ukurannya disarankan tidak lebih dari 200 karakter. Dan usahakan agar description ini bisa menjadi
kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan. Contoh penulisan meta tag description adalah sebagai berikut :


<meta name="description" content="Tutorial pembelajaran cara membuat blog profesional dengan Kriteria SEO">

Meta Tag Keyword
Meta tag keyword ini sangat penting keberadaannya, karena menentukan kata kunci apa yang bisa menemukan halaman web tersebut pada search engine(mesin pencari). Sintak dasar dari meta tag keyword adalah sebagai berikut :

<meta name="keywords" content="komunitas blogger, SEO, traffik, Blog profesional, Tutorial blogging>

Meta Tag Robots
Tujuan utama penggunaan meta tag robots adalah untuk menentukan halaman web/blog yang mana bisa diindex oleh spider dan halaman web mana yang tidak. Tag ini sangat berguna sekali terutama jika sesuatu
web/blog memakai frame untuk navigasinya. Tentunya kita tidak ingin menampilkan menu-menu dalam frame untuk dibaca oleh search engine(mesin pencari). Format dasar dari meta tag robots adalah sebagai berikut :

<meta name="robots" content="index | noindex | follow | nofollow">

Sebagai contoh, jika Anda ingin agar spider membaca main page, dan menelusuri semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini :

<meta name="robots" content="index follow">

Nah, dari pengertian dan contoh diatas, saya rasa sudah cukup sangat jelas. Bagi yang bingung dalam pemasangan meta tag di blogger anda bisa memasangnya dengan cara mencari code <title><data:blog.pageTitle/></title> pada edit HTML template blog anda, lalu copy-paste contoh code dibawah ini tepat dibawah code tadi..

<meta content=' Tulis deskirpsi blog anda disini '  name='description'/>
<meta content=' keyword1, keyword2, keyword3, keyword4, keyword5 ' name='keywords'/>
<meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>

Nah, pada code yang berwarna biru silahkan diubah sesuai kebutuhan dan informasi dari blog anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes