Jumat, 02 Desember 2011

Dambus Bangka

Dambus Bangka

Selain terkenal dengan kulinernya, Bangka juga terkenal akan budayanya. Apalagi di bidang musik, Musik bangka tradisional sangat kental sekali dengan budaya melayu nya. Salah satu alat musik kebanggaan daerah saya ini adalah Dambus. Dambus adalah semacam alat seperti gitar tapi memiliki karakteristik dan bunyi yang berbeda dengan gitar masa kini. Dambus biasanya dipakai untuk mengiringi acara2 adat, tari-tarian , atau acara lainnya. Dambus sebenarnya juga merupakan alat musik daerah2 melayu dan timur tengah menurut sejarah, namun dalam perkembangan nya ada yang membedakan dambus bangka dengan yang lainnya.

Pertama adalah bentuk kepala dambusnya berbentuk rusa yang merupakan binatang maskot Bangka. Kemudian senar nya ada 6, masing2 ad 3 pasang, 3 di atas dan 3 di bawah kalo tidak salah. Bentuknya kira2 adalah seperti ini :



Dulu sewaktu pelajaran kesenian di daerah saya, kami sering diajarkan tentang bermain dambus, rebana, gendang dll. Setelah dimainkan rasanya enak sekali terdengar, dan sangat 'Melayu' sekali

Berikut video yang mempermainkan lagu dengan dambus
<

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes